Postingan

Cara Membuat Beras Kencur Untuk Keluarga Tercinta

Kembali ke alam telah menjadi langkah yang dilakukan banyak orang yang sadar akan manfaat bahan-bahan alami untuk kesehatan. Salah satu langkah tersebut adalah mengkonsumsi jamu dan berbagai minuman tradisional lainnya seperti beras kencur. Jamu beras kencur memang terbukti memberikan banyak manfaat berkat kandungan alami yang ada di dalamnya. Karena itu, tentu tidak berlebihan jika kita mencoba membuat beras kencur sendiri untuk keluarga tercinta. Cara membuat beras kencur sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.
Seorang ibu rumah tangga yang baik tentu tidak akan keberatan meluangkan sedikit waktunya untuk membuat minuman beras kencur bagi keluarga tercinta. Minuman ini dapat membantu mengobati batuk, menghilangkan masuk angin, capek dan juga pegal-pegal. Beras kencur juga mampu meningkatkan vitalitas, menyegarkan badan, mengobati sariawan bahkan menurunkan berat badan. Untuk membuatnya, resep jamu beras kencur asli di bawah ini dapat dicoba.
Menyiapkan bahan-bahan
Sebelum mulai membuat minuman beras kencur, siapkan dulu 200g beras, cuci bersih dan rendam selama 3 jam. Selain itu siapkan juga kencur sebanyak 6 ruas jari, kunyit sebanyak 2 ruas jari dan jahe sebanyak 2 ruas jari. Bersihkan ketiga bahan tersebut dan memarkan. Resep beras kencur istimewa juga membutuhkan asam jawa sebanyak 2 sendok, gula jawa sebanyak 250g dan daun pandan secukupnya.
Merebus dan menumbuk bahan
Jika semua bahan sudah siap, maka kencur, kunyit, jahe, asam, gula dan daun pandan direbus dalam 120 mL air bersih, sambil diaduk. Jika sudah mendidih matikan api, lalu saring air rebusan tersebut. Kemudian ambil kencur, jahe dan kunyit untuk kemudian ditumbuk bersama dengan beras hingga halus. Setelah itu masukkan kembali hasil saringan ke dalam air rebusan dan aduk-aduk hingga merata. Saring kembali air rebusan dan sisihkan ampasnya.
Memberikan bahan tambahan
Agar minuman beras kencur yang Ibu buat nikmat rasanya, maka beberapa bahan tambahan bisa diberikan sebelum cara membuat beras kencur selesai. Bahan tambahan tersebut adalah garam dan juga air dari jeruk nipis. Selain menyegarkan, jeruk nipis mengandung vitamin-vitamin yang baik untuk menjaga kondisi tubuh. Gula pasir juga bisa ditambahkan agar rasa minuman jamu sesuai dengan selera.
Cara membuat beras kencur untuk keluarga tercinta sebaiknya dibuat seenak mungkin. Dengan begitu Jamu beras kencur dapat menjelma menjadi minuman yang disukai, berkat rasanya yang nikmat. Minuman ini juga dapat disajikan ketika hangat ataupun dingin. Pemberian es batu akan menjadikan minuman beras kencur terasa begitu segar saat udara sedang panas. Jika keluarga senang dan terbiasa meminumnya, maka berbagai khasiat beras kencur pun dapat diperoleh. Seluruh anggota keluarga akan menjadi lebih sehat, bugar dan tidak mudah terserang penyakit.