Postingan

Cara Membuat Ceriping Pisang Manis Yang renyah

Jika kebanyakan masyarakat Indonesia menyebutnya keripik pisang, maka masyarakat Gunung Kidul, Yogyakarta menyebutnya ceriping pisang. Keripik atau ceriping pisang memang menjadi salah satu makanan kegemaran masyarakat Indonesia. Makanan ini renyah dan asyik dimakan saat santai. Kopi dan teh hangat bisa menjadi teman yang sangat pas dalam menikmatinya. Untuk membuat ceriping yang renyah, diperlukan bahan dan cara membuat ceriping pisang manis khusus, seperti yang akan diulas dalam artikel ini.
Bahan dan Cara Membuat Keripik Pisang Yang Renyah
Untuk membuat keripik pisang dibutuhkan 0,5kg pisang. Pisang yang cocok digunakan adalah pisang ambon, pisang tanduk atau pisang kepok kuning yang masih setengah matang. Bahan tambahannya adalah 200g gula pasir, garam halus, daun pandan, air kapur-sirih, air dan minyak goreng. Adapun cara membuat keripik pisang renyah dapat dilakukan melalui cara pembuatan berikut ini:
Mengolah pisang
Pembuatan ceriping pisang dimulai dengan mengupas kulit dari buah pisang. Selanjutnya iris buah pisang tipis-tipis dengan ketebalan hanya 1 mm. Pisang yang sudah diiris tersebut kemudian direndam dalam air yang sudah ditambahkan dengan air kapur-sirih, selama kurang lebih 30 menit. Cara membuat ceriping pisang manis selanjutnya adalah meniriskan pisang dan memberinya garam. Kemudian aduk hingga merata.
Menggoreng pisang
Proses berikutnya adalah menggoreng pisang. Minyak yang digunakan untuk menggoreng sebaiknya memiliki kualitas bagus agar keripik tidak mudah tengik. Selain itu jumlah minyak juga harus cukup banyak, agar seluruh bagian pisang bisa terendam. Minyak yang sudah dituangkan dalam penggorengan ini kemudian dipanaskan terlebih dahulu. Setelah panas, baru pisang yang telah diolah dimasukkan dan digoreng. Jika pisang sudah matang, kering dan berwarna kuning keemasan, angkat dan segera tiriskan hingga semua minyak jatuh dan tidak ada lagi yang tersisa.
Membuat larutan gula
Sambil menggoreng pisang, kita juga dapat mempersiapkan larutan gula. Caranya adalah dengan merebus gula pasir dan air secukupnya, hingga gula larut dan air mendidih. Jangan lupa untuk memasukkan daun pandan yang sudah dicuci dengan bersih, agar air gula memiliki aroma yang harum. Jika air gula ini sudah mengental, keripik yang sudah ditiriskan bisa dimasukkan. Aduk keripik hingga seluruh gula merata, lalu angkat dan dinginkan. Larutan gula dapat digantikan dengan coklat bubuk manis, sebagai cara membuat keripik pisang coklat.
Untuk menjaga kerenyahan dari hasil cara membuat ceriping pisang manis, proses pengemasan memegang peranan yang sangat penting. Pengemasan harus dilakukan saat ceriping sudah benar-benar dingin. Selain itu plastik yang digunakan sebagai bahan pengemas juga harus memiliki ketebalan yang cukup agar kerenyahan keripik bisa bertahan lama. Yang tidak kalah penting adalah menggunakan plastik yang memiliki standar food grade, agar tidak membahayakan kesehatan konsumen.