Postingan

Cara Membuat Lampu UV Sederhana Murah dan Praktis

Lampu UV atau lampu ultraviolet adalah salah satu jenis lampu yang sering digunakan, salah satunya untuk mengecek uang kertas palsu atau tidak. Lampu UV juga bisa digunakan sebagai perangkap nyamuk, menjadi bagian dari pencahayaan aquarium, taman hidroponik, dan lain sebagainya. Harga lampu ini cukup mahal, namun jika Anda tahu cara membuat lampu UV sederhana, Anda bisa menghemat biaya. Selain hemat, peralatan yang dibutuhkan untuk membuat lampu UV sederhana juga ada disekitar kita.
Alat dan bahan untuk membuat lampu UV sederhana adalah lampu LED. Disini Anda bisa memanfaatkan lampu LED pada ponsel dan sejenisnya. Kemudian siapkan juga spidol marker berwarna biru dan ungu, serta selotip. Setelah itu tutuplah lampu LED pada ponsel Anda dengan selotip, beri warna biru menggunakan spidol marker pada selotip tersebut. Kemudian lapisi dengan selotip lagi diatasnya, kali ini berikan warna ungu pada selotip yang kedua.
Jika sudah terpasang, sekarang cobalah hidupkan lampu flash atau lampu LED di ponsel Anda. Sinar yang keluar bukan lagi sinar putih melainkan sinar UV. Cara membuat lampu UV sederhana ini mudah sekali, bukan? Anda bisa mengecek apakah lampu UV sederhana Anda bekerja atau tidak dengan menyorotkan pada uang kertas untuk mengecek apakah uang kertas tersebut asli atau palsu. Pada uang kertas yang asli akan menunjukkan gambar yang tadinya tersembunyi.
Cara membuat lampu UV sederhana dan murah tidak perlu bahan yang yang ribet karena Anda bisa memanfaatkan peralatan diatas. Jika ingin membuat perangkap nyamuk dengan lampu UV, Anda bisa menambahkan jenis lampu LED yang lebih besar, toples plastik transparan untuk meletakkan lampu, kipas CPU komputer (bisa pakai yang bekas), adaptor, kabel secukupnya kemudian kawat kassa. Bahan-bahan ini bisa dirangkai untuk membuat perangkap nyamuk UV sederhana namun efektif mengundang nyamuk ke perangkap tersebut sehingga rumah jadi bebas nyamuk.
Lampu UV juga bisa dimanfaatkan untuk filter air minum isi ulang. Fungsinya untuk mengecek adanya kotoran dan bakteri yang tidak terlihat oleh mata biasa. Tidak hanya itu, kini juga tersedia lampu UV anti bakteri, senter dengan lampu UV yang portabel sehingga mudah dibawa kemana-mana, serta berbagai jenis lampu UV lainnya. Kegunaan lampu UV atau lampu ultraviolet ini sangat luas dan semakin dikenal masyarakat.
Cara membuat lampu UV sederhana diatas tentu setidaknya dapat membantu Anda mengetahui bagaimana cara kerja lampu UV dan pemakaiannya. Membuat lampu UV sederhana dari lampu LED ponsel bisa digunakan untuk berekplorasi bersama anak-anak. Misalnya mengecek ruangan kamar mandi, kamar tidur atau dapur apakah terdapat kuman atau tidak. Mengecek uang kertas apakah asli atau tidak dan lain sebagainya, tanpa Anda harus membeli lampu UV yang asli.