Postingan

Cara Membuat Mind Map di Komputer Yang Kreatif

Pernahkah Anda membuat mind map di komputer? Mind map atau yang biasa disebut dengan peta pikiran merupakan salah satu hal yang menarik untuk dibuat. Anda dapat mengajarkan cara membuat mind map di komputer secara sederhana kepada anak atau kepada adik tentang suat pengalaman menarik yang pernah dilakukan. Contohnya saja untuk menceritakan liburan sekolah, liburan keluarga, dan hal-hal lain mengenai pengalaman yang menyenangkan. Namun, ajarkan dulu cara mind map secara manual dengan menggunakan kertas dan pulpen untuk lebih mudahnya.
Mind map adalah sesuatu yang perlu direncanakan oleh setiap orang. Dengan membuat peta pikiran, Anda akan dapat mencapai sesuatu dengan lebih mudah. Sesuatu yang kecil maupun sesuatu yang besar dapat Anda capai dengan sempurna jika melakukan mind map. Anda menjadi tahu tentang apa yang harus Anda lakukan menuju pencapaian tersebut, dan pastikan Andalah yang melakukan semua itu dengan sebaik-baiknya.
Melakukan mind map atau peta pikiran memiliki banyak manfaat. Manfaat mind map yang paling bisa dirasakan adalah Anda dapat menemukan ide dengan lebih mudah dan kemudian dapat menjalankan atau mencapai ide-ide tersebut dengan lebih rapi. Proses mind map sebenarnya merupakan proses brainstorming untuk mencari ide dan kemudian mencari tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Untuk lebih mudahnya, hal tersebut dapat Anda lakukan dengan bantuan komputer. Bagaimana cara melakukannya?
Langkah-Langkah Membuat Mind Map Pada Komputer
Cara membuat mind map di komputer dapat Anda lakukan dengan mendownload XMind terlebih dahulu. Anda dapat mendownload free edition nya untuk yang lebih irit dan paktis. Setelah Anda selesai mendownload, Anda dapat membuat mind map yang baru dengan menggunakan template yang ada disana. Buatlah template yang menarik. Anda dapat memilih berbagai macam template. Ada pula template kosong yaitu blank tipe. Tipe ini akan membuat Anda lebih kreatif karena dapat merancang template sendiri.
Berikutnya, Anda dapat melanjutkan untuk membuat subtopic dari menu yang telah disediakan. Cara melakukannya mudah. Anda hanya perlu melakukan klik kanan dan tekan insert saja. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menambahkan berbagai macam hal seperti subtopic, topic, summary, label, dan lain-lain. Inilah hal menarik yang dapat dirasakan pengguna XMind karena Anda dapat mengatur mind map untuk menjadi seperti yang Anda inginkan.
Ada pula fitur yang bernama link to file yang bermanfaat untuk menambahkan link ke dalam topic maupun subtopic dari mind map yang telah Anda buat sebelumnya. Jadi jika mind map Anda saling berhubungan, hal ini akan sangat bermanfaat. Terakhir, untuk menandai hal-hal yang penting dimana hal tersebut sedang dilakukan/on progress Anda dapat memberi tanda marker. Itulah cara membuat mind map di komputer secara mudah. Silahkan mencoba dan semoga berhasil.