Postingan

Cara Membuat Pola Baju Anak Sederhana Untuk Pemula

Berbicara mengenai baju untuk anak, tentu baju model anak perempuan lebih unik dan susah membuatnya dari pada baju anak laki-laki. Namun cara membuat pola baju anak sederhana baik perempuan maupun laki-laki urutan pembuatannya sama. Mungkin jika Anda membelikan baju terus kepada anak, Anda akan merasa bosan melihatnya karena model dan bahannya tidak sesuai dengan harapan. Apabila sudah begitu, cobalah membuat baju anak sendiri sesuai dengan kreasi dan bahan pilihan sendiri.
Untuk membuat baju anak laki-laki maupun perempuan lebih baik menggunakan kain katun yang lembut dengan ukuran agak longgar supaya anak merasa nyaman. Menjahit baju sendiri untuk anak bukanlah menjadi pekerjaan yang mudah apabila Anda tidak mempunyai keterampilan dasar dalam menjahit. Namun jangan kecewa sebab keahlian dan keterampilan menjahit dapat Anda dapatkan dengan belajar menjahit melalui kursus bahkan autodidak. Apalagi perkembangan teknologi yang semakin cepat ini memungkinkan Anda mencari di internet atau di Youtube tutorial cara membuat pola baju yang benar.
Apabila Anda membuat baju untuk anak sendiri, tentu akan mengurangi pengeluaran dan Anda pun dapat berkreasi dengan model yang sesuai dan apabila dikembangkan tentu akan menghasilkan rupiah. Cara membuat pola baju anak sederhana, pertama Anda harus melakukan pengukuran kepada anak Anda. Pengukuran tersebut antara lain lingkar badan, pinggang, pinggul, lebar bahu, panjang bahu, panjang lengan dan tinggi punggung. Anda pun dapat menjiplak ukuran baju anak Anda yang sudah jadi.
Jika sudah langkah selanjutnya adalah membuat pola. Buatlah pola dengan bentuk kota dengan skala ¼ kemudian masukkan ukuran tersebut ke dalam pola bagian bawah. Untuk membuat pola belakang, cukup Anda jiplak dari pola depan dan modifikasi sedikit. Langkah terakhir membuat pola lengan dan masukkan ukuran lingkar dan panjang lengan anak Anda. Apabila semua pola sudah selesai, maka siapkan bahan katun yang tadi sudah dipilih dan jahit bagian per bagian.
Cara membuat pola diatas bisa juga digunakan ketika ingin membuat pola baju anak perempuan umur 5 tahun atau orang dewasa. Sangat mudah bukan, membuat pola baju untuk anak yang sederhana. Bagi pemula sebaiknya membuat pola yang sederhana dahulu, apabila sudah mahir dan lihai dapat membuat pola yang bagus dan sedikit rumit.
Nah, apabila Anda tertarik untuk menjadi penjahit baju yang profesional, maka Anda perlu belajar dari ahlinya terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti sekolah menjahit dan kursus menjahit dan bahkan Anda pun dapat melihat cara membuat pola baju anak sederhana di Youtube. Demikian penjelasan mengenai cara membuat pola baju untuk anak, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan cara untuk membuat pola baju anak.