Kreasi Sendiri I Cara Membuat Antena Radio FM Sederhana

Cara membuat antena radio FM sederhana belum banyak yang mengetahuinya, namun beberapa sumber di internet sudah memposting informasi terkait hal ini. Dari pada membeli lebih baik membuat sekaligus kita belajar membuat antena radio dengan benar. Memang untuk berkomunikasi dengan radio, antena merupakan salah satu hal vital yang harus dipenuhi. Sebab antena merupakan ujung tombak sebuah perangkat komunikasi dengan pilihan antena yang beragam dan harganya pun bervariasi. Berikut ini cara membuat antena radio FM yang sederhana dengan biaya yang murah, simak penjelasannya di bawah ini.

cara bikin antena tv biar bening,cara membuat antena tv segala arah,cara bikin antena tv parabola,tv dari cd bekas,tv tanpa booster,tv sederhana dari kaleng,membuat antena tv dari tutup panci,
Cara-cara Membuat Radio Antena FM dengan Mudah
Cara bikin antena pemancar FM langkah pertama adalah mempersiapkan bahan untuk membuat antena Ring Bess. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain begel digunakan untuk sirip lurus dengan diameter 1’’ dan 2 buah begel dengan diameter 1’’ untuk klem antara tiang dan antena, membutuhkan pipa pv dengan diameter 3/4 ‘’ dan panjangnya 40 cm. Panjang pipa PVC 40 cm merupakan panjang yang bagus sebab pipa PVC akan dijadikan sebagai tumpuan supaya antena kuat. 

Anda juga harus membeli kawat tembaga dengan diameter 1 mm panjang 30 mm, konektor body dan pipa alumunium dengan diameter ½ panjang 2 m. Setelah semua bahan lengkap, langkah pertama yang dikerjakan yaitu membuat sirip antena menggunakan pipa yang berdiameter 5/8 dan panjang 50 cm ditekuk melingkar seperti obat nyamuk. Pada bagian samping ujung di tengah harus dikaitkan dengan begel sirip dan ujung lainnya. Pada bagian pinggir diberi jarak sekitar 1 cm dari lekukan yang tadi dibuat. 

Ketika membuat ini, diusahakan rapi supaya terlihat bagus. Cara membuat antena radio FM sederhana selanjutnya adalah membuat loading coil. Caranya masukkanlah pipa PVC ke dalam pipa alumunium yang berdiameter 1’’ dan masukkan pipa 2/2’’ ke dalam pipa PVC. Beri jarak sekitar 5 cm antara alumunium 1’’ dengan alumunium yang berdiameter ½’’. Setelah itu, lilitkan kawat tembaga yang berdiameter 1 mm ke pipa pcc 7 lilitan dan sambungkan pipa alumunium 1’’ dengan ujung atas pipa ½’’.

Langkah bikin antena radio sendiri selanjutnya adalah memasang sirip yang sudah dibuat tadi ke begel pipa 1’’ dibagian ujungnya dan pasang konektor bodi kabel antena pada bagian lubang begel yang sudah tersedia. Kemudian sambungkan inner konektor ke loading cooil di tep ke 3, arahnya dari bawah. Sebelum disolder, dikerok menggunakan cutter terlebih dahulu untuk membersihkan isolatornya supaya dapat disolder.

Langkah terakhir yaitu memasang 2 begel pengingat diantara antena dan tiang antena. Untuk setting antena agar bagus, Anda menggunakan rumus ½ lamda, 1 lamda sama dengan cepat rambah cahaya atau panjang gelombang yaitu ½ x 300 panjang gelombang. Setelah itu, Antena sudah bisa digunakan untuk transmiter, untuk keawetan dan keamanan bagian loading coil antena, sebaiknya Anda bungkus menggunakan botol aqua atau apapun yang dapat melindunginya dari air hujan. 

Demikianlah cara membuat antena radio FM sederhana yang bisa Anda coba sendiri. Nah, untuk lebih memudahkan lagi, Anda dapat melihat videonya di Youtube. Dimana banyak sekali tutorial membuat antena untuk radio FM dengan sederhana dan murah yang tersedia disana. Selamat mencoba.