Postingan

Panduan Cara Membuat Elemen Pemanas Solder Yang Sudah Rusak

Elemen pemanas merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah solder. Tanpa komponen ini maka solder tidak akan bisa digunakan. Oleh sebab itu, jika elemen pemanas solder rusak maka harus segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Cara membuat elemen pemanas solder sebenarnya bisa dilakukan sendiri, dengan memperbaikinya sendiri tentunya biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih murah dibandingkan memperbaiki dibengkel ataupun membeli yang baru. Pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit memberikan panduan cara memperbaiki elemen panas pada solder.
Cara Merakit Elemen Pemanas Solder
Sebelum membahas bagaimana cara membuat elemen pemanas solder yang sudah rusak bisa berfungsi kembali maka Anda perlu mengetahui kerusakan yang mungkin saja terjadi. Kerusakan pada elemen pemanas solder merupakan kerusakan yang paling fatal, namun sebelum memperbaiki elemen pemanas solder alangkah lebih baiknya Anda memeriksa bagian solder yang lainnya. Mungkin saja kerusakan pada solder bukan ada pada elemen pemanasnya. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada solder adalah kabel solder yang putus sehingga solder tidak bisa mengeluarkan panas.
Kerusakan pada kabel solder ini sangat mudah untuk diperbaiki, Anda hanya perlu untuk menyambung kembali kabel yang sudah putus. Anda bisa memotong terlebih dahulu kabel yang sudah hampir putus atau yang sudah terlihat rusak. Kemudian sambung kembali kabel tersebut dengan menggunakan isolasi. Pastikan dalam penyambungannya terlihat rapi dan rapat, hal ini dikarenakan kabel yang tidak tersambung dengan baik mempunyai risiko yang tinggi menyebabkan korsleting sehingga bisa membahayakan.
Jika tidak ada kabel yang rusak atau putus namun solder tetap tidak mengeluarkan panas atau panas yang dihasilkan tidak maksimal maka kemungkinan elemen pemanas solder rusak. Cara memperbaiki elemen pemanas solder ini yaitu dengan membuatnya sendiri. Dalam cara membuat elemen pemanas solder ini bahan dan alat yang diperlukan tidaklah sulit, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah ditoko elektronik terdekat. Bahan yang paling mudah digunakan untuk membuat elemen pemanas pada solder adalah kawat nikelin.
Cara Merakit Solder Sendiri
Cara membuat elemen pemanas dengan kawat nikelin ini sangat mudah dan lebih aman. Selain itu, dengan menggunakan kawat ini juga lebih aman dan panas yang dihasilkan solder lebih maksimal. Cara membuat elemen pemanas solder menggunakan kawat nikelin yaitu pertama Anda harus membuka solder terlebih dahulu. Setelah itu, lepaskan kumparan kawat yang ada dalam solder. Selanjutnya lilitkan kawat nikelin pada besi solder untuk mengganti kawat yang lama.
Cara merakit solder listrik sendiri dengan menggunakan kawat nikelin ini sangat aman. Dalam merakitnya pastikan jika solder tidak terhubung dengan aliran listrik. Selain itu, dalam melilitkan kawat juga disesuaikan dengan tingkat kepanasan yang diinginkan. Semakin rapat lilitan maka panas yang dihasilkan akan semakin tinggi. Sebaliknya jika lilitan renggang maka panas yang dihasilkan tidak terlalu tinggi.