Proses dan Cara Membuat Komik di Webtoon Mulai dari Ide Hingga Publish

Cara Membuat Komik di Webtoon - Tidak bisa dipungkiri, komik masih memiliki peminatnya sendiri dari berbagai kalangan usia. Jangan dikira, bahkan orang dewasa pun masih menggemari komik. Banyak dari mereka yang mengikuti komik hingga tamat. Salah satu komik paling populer adalah manga dan webtoon. Komik manga adalah buatan Jepang yang sangat variatif judul dan alur ceritanya. Sedangkan webtoon, yang kita kenal melalui aplikasi chat Line, tidak kalah banyak peminatnya. Pada artikel kali ini akan dibahas cara membuat komik di webtoon.

cara membuat komik di android,cara membuat komik di laptop,membuat komik sendiri,digital,gaji komikus webtoon,cara membuat komik dengan photoshop,aplikasi pembuat webtoon,
Proses Membuat Komik Mulai Dari Ide Hingga Finishing
Pada waktu bersamaan, muncul banyak komikus indie yang semakin produktif membuat komik dan banyak dipublikasikan melalui webtoon. Cara membuat komik di webtoon pada dasarnya adalah Anda membuat komik, dan upload di webtoon. Sedangkan untuk proses pembuatan komik sendiri memerlukan waktu dan pikiran serta tenaga yang tidak sedikit. Ini berkaitan soal ide dan visualisasi. Adapun untuk membuat komik, langkahnya adalah sebagai berikut:

Ide
Proses membuat komik pertama kali adalah soal ide. Ide ini nantinya mempengaruhi penyusunan plot. Plot ini kemudian divisualisasikan menjadi gambar atau ilustrasi, dialog, dan juga narasi. Jadi komik adalah kesatuan alur mulai dari ide sampai terbentuknya cerita bergambar. Terlepas dari apapun bentuk atau jenis komiknya. Anda bisa memulai membayangkan ide komik, tokoh, alur, masalah atau konflik, resolusi, dan setting lokasi. Mulailah dengan membuat tulisan atau gambaran singkat berupa draft. Di tengah perjalanan jika ada perubahan itu hal wajar.

2. Membuat draft
Masuk ke bagian inti membuat komik adalah menggambar ilustrasi ceritanya. Ada tokoh dalam komik yang menjadi sudut pandang alur komik. Pembuatan draft ini bisa Anda lakukan dengan pencil untuk berjaga jika Anda ingin perubahan mendadak. Setelah berpikir matang bahwa draft tersebut layak dilanjutkan, Anda bisa mulai menebalkan dengan spidol. Pembuatan draft bermacam-macam, tergantung plot yang dibuat. Jika komik seri, Anda bisa menambahkan setting lokasi. Jika komik strip kritik sosial, pesan yang disampaikan dalam bubble dialog harus lebih berbobot dan agak banyak.

3. Menambahkan detail
Proses ini adalah proses masuk ke dalam proses finishing draft. Jika Anda sudah mantap dengan draft inti, alurnya sudah sesuai, ilustrasinya sudah tepat, dan koheren pada semua chapter, Anda bisa mulai menambahkan detail seperti pakaian tokoh, kondisi lingkungan, efek ledakan, atau ilustrasi kocak yang menggambarkan bahwa tokoh utama juga manusia yang tidak sempurna dan punya sifat buruk (seperti pada one piece dan naruto dinama luffy dan naruto suka makan dengan ekspresi konyol).

Langkah terakhir dalam cara membuat komik di webtoon adalah upload di aplikasi line webtoon. Caranya adalah, kunjungi web www.webtoons.com, ini harus melalui komputer, bukan hp. Login dengan line ID Anda. Selanjutnya klik “terbitkan” pada sebelah kanan nama Anda. Pilih genre komik, dimana resolusi komik harus 700px x 1000px. Setelah mengisi semua data, klik “terbitkan.