Postingan

Resep Cara Membuat Gudeg Jogja Yg Enak dan Praktis

Anda tentunya sudah tidak asing dengan gudeg, makanan khas Jogja ini sudah sangat terkenal sampai ke pelosok negeri. Bahkan banyak turis asing yang suka dengan makanan khas Jogja ini. Sebagai pencinta kuliner, tentunya Anda penasaran bukan, bagaimana cara membuat gudeg Jogja yg enak? Hal ini dikarenakan tidak semua gudeg mempunyai rasa manis dan gurih yang pas. Untuk membuat gudeg yang enak, maka Anda harus mengetahui bumbu rahasia pembuatannya.
Gudeg Jogja terkenal sampai pelosok negeri. Hal ini terbukti dengan banyaknya penjual gudeg di beberapa daerah. Untuk Anda yang ingin membuat gudeg asli Jogja yang enak dengan rasa manis dan gurih yang pas, Anda tidak akan rugi jika membaca tulisan ini sampai selesai. Hal ini dikarenakan disini akan diberikan resep gudeg Jogja asli yang paling enak dengan bumbu rahasia yang tidak semua orang mengetahuinya. Untuk membuat gudeg enak ini tidak membutuhkan bahan yang sulit, Anda hanya membutuhkan bahan yang sederhana saja.
Nah, berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan dalam cara membuat gudeg Jogja yg enak tapi tetap sederhana.
Bahan utama:
Nangka muda 1 kg
Gula merah 200 gram yang sudah disisir
Santan kental dari 1 butir kelapa
Daun salam 3 lembar
Daun jati 1 lembar
Air kelapa 1 liter
Lengkuas 1 ruas jari
Bumbu:
15 buah bawang merah
10 buah bawang putih
10 buah kemiri yang sudah disangrai
2 sendok teh ketumbar bubuk
1,5 sendok teh merica dan garam
Resep gudeg Jogja sederhana ini bisa dibuat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
Pertama nangka muda yang sudah disiapkan dipotong dengan ukuran sedang lalu cuci dengan menggunakan air mengalir. Pastikan jika tidak ada getah yang tersisa pada nangka muda.
Selanjutnya siapkan kuali untuk memasak gudeg. Rahasia gudeg mempunyai rasa yang enak adalah kuali yang digunakan untuk memasak adalah kuali yang masih terbuat dari tanah liat.
Setelah kuali siap masukkan lengkuas, daun salam, daun jati, dan nangka muda yang sudah dibersihkan tadi. Jangan lupa tambahkan air kelapa sampai nangka terendam.
Kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan pada kuali sambil terus dimasak dan diaduk. Untuk pengadukan tidak perlu terlalu sering agar bumbu bisa meresap.
Langkah selanjutnya masukkan gula merah yang sudah disisir tadi lalu aduk sampai rata. Masak sampai air yang ada didalam kuali kering.
Terakhir angkat gudeg dan sajikan selagi masih hangat.
Cukup sederhana bukan cara membuat gudeg Jogja yg enak ini? Gudeg Jogja ini bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Bahkan banyak yang mengatakan semakin lama disimpan maka rasa gudeg akan terasa enak. Untuk menambah cita rasa, maka Anda bisa menambahkan lauk-pauk lainnya sebagai lauk pelengkap gudeg. Sajikan masakan ini dalam keadaan hangat dan didampingi dengan nasi putih.