Postingan

Resep dan Cara Membuat Empek2 Palembang Asli Paling Enak

Empek-empek merupakan salah satu makanan khas Palembang yang sudah sangat terkenal. Bahkan makanan ini sudah bisa didapatkan dengan mudah diseluruh wilayah Indonesia. Tahukah Anda bagaimana cara membuat empek2 Palembang asli? Untuk membuat empek-empek Palembang asli bisa dilakukan dengan bahan-bahan sederhana. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan bagaimana cara membuat empek empek sederhana tapi rasanya tetap enak.
Empek-empek Palembang sendiri ada banyak variasinya, diantaranya yaitu empek-empek Dos, empek-empek kapal selam, dan empek-empek kerupuk. Ketiga varian empek-empek ini mempunyai cita rasa yang berbeda-beda. Misalnya saja empek-empek dos, empek-empek ini berisi telur namun tidak terasa ikannya. Hal ini dikarenakan empek-empek dos dibuat tanpa menggunakan ikan. Berbeda dengan empek-empek kapal selam yang berisi telur tapi terasa ikannya. Sedangkan empek-empek kerupuk tidak mempunyai isi tapi terasa ikannya.
Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat empek-empek sendiri, maka bisa mencoba resep empek-empek sederhana yang akan disajikan disini. Untuk membuat empek-empek sederhana maka Anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini:
Tepung terigu ¼ kg
Air ½ liter
Bawang putih 2 buah
Garam 5 sendok teh
Penyedap rasa ½ sendok teh
Telur ayam 4 butir
Ikan tengiri 6 ons
Tepung sagu 4 ons
Sedangkan cara membuat empek2 Palembang asli yang sederhana dengan bahan diatas yaitu:
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat adonan untuk kulit empek-empek. Caranya yaitu rebus air dengan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu masukkan tepung terigu sambil terus diaduk-aduk sampai mengental.
Setelah adonan mengental maka angkat dan tiriskan. Tunggu sampai adonan menjadi dingin.
Selanjutnya setelah adonan dingin campurkan adonan dengan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan. Anda bisa menghaluskan ikan tenggiri ini dengan cara memblendernya. Aduk adonan sampai benar-benar tercampur rata dan tidak ada tepung yang masih menggelindir.
Kemudian masukkan telur ayam dan tepung sagu ke dalam adonan. Aduk lagi sampai rata dan adonan menjadi kalis. Adonan yang kalis ini bisa dilihat dari tekstur adonan yang halus dan tidak lengket lagi.
Langkah selanjutnya jika adonan sudah kalis adalah membentuk adonan. Adonan ini bisa dibentuk sesuai dengan keinginan Anda. Agar rasanya lebih enak, didalam adonan yang dibentuk tadi diisi dengan menggunakan telur rebus. Sisihkan adonan yang sudah dibentuk.
Setelah adonan selesai dibentuk maka langkah selanjutnya adalah masukkan adonan yang dibentuk tadi ke dalam air yang sudah mendidih. Masak empek-empek selama kurang lebih 20 menit lalu angkat dan tiriskan.
Tahap terakhir goreng empek-empek yang sudah matang tadi lalu sajikan selagi masih hangat.
Cara membuat empek2 Palembang asli diatas belum termasuk kuahnya. Untuk membuat kuah empek-empek, Anda bisa membuatnya secara terpisah. Adapun cara membuat kuah empek empek cukup sederhana yaitu dengan campuran air, cuka, dan gula merah. Untuk menambah cita rasa, maka Anda bisa menambahkan irisan timun yang sudah diolah menjadi acar. Sajikan empek-empek ini selagi hangat agar terasa nikmatnya.