Tutorial dan Cara Membuat Cover CD di Photoshop

Cara membuat cover CD di Photoshop dapat menjadi pengetahuan bagi Anda yang ingin mencoba membuat cover CD sendiri. Membuat cover CD sendiri seperti yang dijual di toko kaset menjadi hal membanggakan tersendiri. Terlebih lagi bagi mereka yang masih pemula dalam pembuatan cover CD. Jika Anda membuat cover CD sendiri di rumah, maka dipastikan cover CD tersebut lebih keren dari yang dijual di toko. Itu karena kreativitas Anda dalam membuatnya.

cara membuat label cd dengan photoshop cs6,dengan photoshop cs3,menggunakan corel draw,cd bulat,dvd dengan microsoft word,cd dengan microsoft publisher,cara membuat cover tempat cd,
Cover CD dan Label CD adalah hal yang berbeda. Label CD adalah gambar yang biasanya di print menggunakan kertas khusus yaitu kertas label yang nantinya ditempelkan pada kepingan CD. Jadi, label CD menempel pada setiap kepingan CD. Berbeda dengan label CD, Cover CD merupakan gambar yang biasanya terpasang pada cover CD. Itulah perbedaan tipis antara label CD dengan cover CD. Fungsi cover CD sendiri adalah membuat tampilan CD menjadi lebih menarik.

Biasanya, seseorang memerlukan cover CD maupun label CD buatan sendiri untuk mengumpulkan suatu tugas kuliah maupun penelitian. Untuk orang awam, mereka lebih senang untuk memesan cover CD dengan desain seperti yang mereka gambarkan. Hal itu akan lebih praktis dibandingkan membuatnya sendiri. Namun, membuat cover CD sendiri ternyata tidak seribet seperti yang dibayangkan. Anda dapat mencoba mempelajarinya seperti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Cover CD Dengan Mudah
Untuk membuat cover CD yang mudah, Anda bisa melakukannya dengan bantuan photoshop. Cover CD memiliki bentuk yang bermacam-macam, seperti cover CD box, cover CD mika, Covers CD amplop dan lain-lain. Tentukan cover seperti apa yang akan dibuat sebelum memulainya. Inilah cara membuat cover cd di Photoshop untuk Anda. 

  • Bukalah menu photoshop di PC Anda dan bukalah lembar kerja yang baru.
  • Isilah kolom name dengan nama cd yang akan dibuat, 27.5 pada width, dan 12 cm pada height. 
  • Tulislah 300 pixel/inch dalam kolom resolution. Isilah CMYK mode pada color mode agar hasil print out sesuai dengan mode yang digunakan.
  • Buatlah guideline dengan melakukan klik di penggaris yang vertical. Tekanlah sambil digeser sampai angka 13.5 cm dan ukuran 14 cm. Hal tersebut akan membantu Anda dalam membuat batas tebal untuk cover.
  • Untuk membuat garis menjadi lebih jelas tekanlah Ctrl++. Tambahkan gambar sesuai dengan yang diinginkan. 
  • Lakukan secara teliti dan print.

Mudah bukan? Jadi, memang tidak ada kata sulit sebelum mencoba, termasuk dalam mencoba membuat cover cd menggunakan aplikasi photoshop. Itulah cara membuat cover cd di photoshop yang mudah untuk pemula. Untuk seseorang yang telah memahami photoshop, pasti cara kerjanya akan lebih mudah dan cepat.