Bahan dan Cara Membuat Ba So Sendiri di Rumah

Cara Membuat Ba So - Makanan Ba So adalah salah satu jenis makanan favorit orang Indonesia. Terdapat lebih dari 100 varian Ba So tersebar di seluruh Indonesia, khas berasal dari daerah tertentu. Di Pulau Jawa saja, ada Ba So Malang, Ba So Temanggung, dan sebagainya. Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara membuat Ba So yang enak sehingga menjadi favorit dan digemari. Jika melihat warung Ba So, ada yang ramai dan tidak, tentu cita rasa mempengaruhi. Beberapa unsur penting dalam semangkuk Ba So adalah daging Ba So itu sendiri, dan kuahnya.

cara membuat bakso sederhana tanpa daging,dan mudah,tepung untuk bakso sapi,resep bakso 1 kg daging sapi,perbandingan daging dan tepung pada bakso,agar kenyal dan keras,kenyal dan kres,
Bahan dan Cara Membuat Ba So Yang Bisa Anda Lakukan di Rumah
Kali ini kita akan fokus pada cara membuat Ba So saja. Untuk pembuatan kuahnya, Anda bisa meraciknya sendiri sesuai dengan selera. Beberapa orang mungkin lebih suka kuah Ba So yang segar tanpa banyak kaldu kental, sedang yang lain mungkin sebaliknya. Adapun langkah membuat Ba So adalah sebagai berikut:

Anda perlu menyiapkan bahan seperti daging sapi cincang (400g), tepung kanji (50g), bawang putih (4 siung), merica bubuk, air es, garam, dan telur. Selanjutnya campurkan semua adonan. Untuk penambahan air es, lakukan secara perlahan. Air es ditambahkan di akhir pencampuran adonan.

Selanjutnya cara membuat Ba So adalah memanaskan air dalam panci. Ini digunakan untuk merebus Ba So nanti. Jika perlu, tambahkan sedikit garam dan 2 buah bawang putih yang sudah ditumbuk sehingga akan menambahkan aroma pada Ba So.

Adonan Ba So yang sudah jadi tadi, Anda bentuk bulat dengan cara meremasnya dengan satu tangan. Adonan akan terbentuk diantara ibu jadi dan jari telunjuk dalam bentuk bulat. Sedangkan tangan lainya mengambil adonan bulat tadi dan memasukannya dalam air panas. Besar kecilnya bulatan Ba So tergantung selera Anda.

Sebisa mungkin lakukan dengan cepat saat membentuk bulatan Ba So agar semua bulatan matang pada saat bersamaan. Bulatan Ba So yang sudah matang akan mengambang di permukaan panci. Tapi Anda perlu menunggu sebentar untuk memastikan Ba So dibagian bawah juga matang. Setelah Anda yakin semua Ba So matang, artinya Ba So tersebut sudah jadi dan siap dihidangkan.

Ya, itulah cara membuat Ba So dengan mudah. Untuk pelengkap sajiannya, Anda bisa menyiapkan kuah sesuai selera. Anda bisa membuat kuah kaldu dengan tulang iga sapi, bawang, merica, dan garam. Selain itu, tambahan lain seperti bakmi kuning atau bihun, daun selada, dan juga potongan daging kecil juga bisa ditambahkan untuk membuat tampilan dan rasa Ba So Anda menjadi lebih mantap. Jika Anda benar-benar berniat membuat Ba So dengan rasa enak, Anda bisa menanyakan pada penjual di warung Ba So, tapi harus dengan pendekatan halus, mengingat rasa adalah rahasia.