Cara Membuat Antena HT VHF Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Banyak orang yang belum mengetahui cara membuat antena HT VHF. Seperti yang kita ketahui HT atau Handy Talky merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk berkomunikasi yang bentuknya pemancar radio VHF dan UHF. Dimana dalam perangkat itu dilengkapi dengan receiver guna menghandle lawan bicaranya. Pada dasarnya, radio HT akan memancarkan sinyalnya melalui udara. Untuk menghasilkan sinyal, HT memerlukan perantara untuk mengantarkan sinyal ke udara dengan tekanan cukup sesuai dengan ketentuan yang diatur. Lalu, bagaimanakah cara membuat antena HT?

cara modifikasi antena ht,cara membuat ht dari hp bekas,bahan untuk membuat antena ht,antena ht jarak jauh,membuat antena larsen,jenis antena ht,cara membuat ht sendiri,antena ht terbaik,
Cara Awal Membuat Antena HT Sederhana
Cara membuat antena HT sederhana yang pertama adalah tahap persiapan. Persiapan bahan yang diperlukan antara lain super stik yaitu conector antena yang sesuai dengan radio, antena stik radio dengan band UHF. Sebaiknya cari panjangnya 30 cm atau 50 cm untuk ban VHF panjang. Anda juga bisa menggunakan rumus lamda yaitu ¼ lamda. Persiapkan kawat tembaga dengan diameter 0,6 mm, jak mic toa jika diperlukan karena berguna menyangga antena supaya tegak. Anda pun bisa menggunakan bahan lain yang cocok dan pas.

Hal pertama yang kita lakukan adalah membuat loading kumparan atau coil dengan inti udaranya. Caranya lilitkan kawat email atau tembaga di paku atau batang besi yang memiliki diameter 0,5 cm. Lilitkanlah sebanyak 7 lilit dan arahnya berlawanan dengan arah putaran jarum jam. Ingat, buatlah serapat dan serapi mungkin. Cara membuat antena HT VHF selanjutnya adalah merakit antena. Caranya dengan menghubungkan ujung satu loading coil dibagian tengah dari conector dan hubungkan ujung lainnya dari loading coil dengan antena stik. 

Pastikan semua solderan loading benar dan kuat sebab antena ditutup menggunakan penyangga, apabila solderannya tidak kuat, maka radio atau perangkat bisa rusak. Cara membuat antena HT yang bagus selanjutnya adalah mengetes antena yang sudah jadi. Caranya digunakan untuk berkomunikasi sehingga kita bisa mengetahui berapa besar tambahan dan jangkauannya. Setelah di tes dan hasilnya lumayan bagus, maka lakukan pemasangan penyangga. 

Sebab jika tidak diberi penyangga, maka antena bisa cepat rusak sebab antena akan bergeser dan bergerak yang mengakibatkan solderan loading coil tidak awet dan lepas. Untuk pemasangan penyangga, Anda dapat memodifikasi sendiri menggunakan bahan logam sampai penyangga berdampingan erat dengan antena, namun menggunakan menyangga bahan plastik lebih mudah.

Apabila pemasangan penyangga sudah selesai, Anda harus menggunakan lem kaca untuk mengisi sela diantara loading coil dengan penyangga. Apabila ingin lebih awet bisa menggunakan resin namun jika ingin membiarkannya saja terbuka tidak masalah. Demikian informasi cara membuat antena HT VHF yang sederhana, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian yang membutuhkan informasi terkait hal di atas.