Cara Membuat Buku Pop Up 3D Sendiri Lebih Cantik dan Menarik

Cara Membuat Buku Pop Up 3D - Saat ini jenis buku pop up 3D semakin digemari, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Buku pop up 3 dimensi sangat unik, karena bisa membantu anak-anak lebih memahami isi cerita dalam buku. Terlebih, menemukan karakter-karakter yang muncul dalam bentuk 3 Dimensi pastilah akan membuat anak-anak maupun orang dewasa yang melihatnya menjadi senang. Nah, ternyata Anda juga bisa membuat buku 3 dimensi sendiri. Cara membuat buku pop up 3D tidaklah sulit namun membutuhkan sedikit ketelatenan. 

cara membuat pop up card ulang tahun,cara membuat pop up happy birthday,cara membuat pop-up 180 derajat,cara membuat pop up love,up 3d frame,up card anniversary,up card lengkap,up tulisan,
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat buku Pop up 3D diantaranya adalah pensil, penggaris, gunting kertas, crayon, pensil warna atau cat minyak, kertas warna-warni, kertas karton dan lem. Namun sebelumnya untuk mempermudah Anda dalam membuat buku pop up 3D sebaiknya Anda menyiapkan konsep cerita dan karakter yang ingin Anda buat sesuai dengan isi buku pop up 3D yang Anda rencanakan. Cara menyusun buku pop up 3D sangat tergantung pada konsep buku tersebut. 

Konsep buku pop up 3D bisa Anda susun di papan cerita yang berisikan naskah cerita per halaman. Buatlah ilustrasi dari setiap halaman yang ingin Anda buat pop up. Tentunya tidak semua halaman akan dibuat pop up bukan? Jika sudah Anda siapkan konsepnya kini Anda bisa memulai cara membuat buku pop up 3D milik Anda. Pertama, kumpulkan atau buah gmbar-gambar yang akan Anda tampilkan sebagai pop up. Gambar bisa Anda buat manual, Anda cetak dari komputer atau Anda dapatkan dari guntingan majalah. 

Selanjutnya, siapkan kertas buat celah dengan memotong dua bagian sejajar dan horizontal berukuran 5 x 2,5 cm. celah tersebut akan menjadi penahan gambar atau karakter pop up. Selanjutnya, teknik membuat buku pop up 3D adalah membuka kertas dengan posisi vertikal, kemudian angkat penahan ke depan secara perlahan menggunakan jari atau pensil. Di tempat yang lain, susun gambar-gambar karakter dan ilustrasi yang akan Anda gunakan. Pastikan ukurannya tidak melebihi buku pop up yang akan Anda buat. 

Setelah itu susun dan tempel gambar-gambar karakter yang Anda siapkan tadi pada penahan pop up. Anda bisa gunakan lem kertas. Ingat, jangan lem pada bagian penahannya karena gambar nanti tidak jadi muncul atau pop up. Lakukan setiap langkah sampai selesai satu halaman. Jangan menempel bersamaan di semua halaman karena selain sulit hasilnya mungkin tidak akan baik. Anda bisa membuat penahan sebanyak karakter atau gambar yang akan Anda buat.

Pada setiap halaman tentunya harus ada ruang untuk teks. Karena itu sisihkan ruang kosong untuk tempat teks di masing-masing halaman. Anda juga bisa menulis sendiri atau menyiapkan tulisan yang telah dicetak untuk di tempel pada bagian kosong untuk teks cerita. Cara membuat buku pop up 3D tidak terlalu sulit bukan? Sebagai awalan Anda bisa coba-coba dulu dengan membuat pop up kartu ucapan yang lebih sederhana agar mengetahui cara kerja dan cara membuat pop up dengan benar.