Cara Membuat Cilung Goreng Telur Puyuh Untuk Jajanan Sehat Anak

Cara Membuat Cilung Goreng Telur Puyuh - Membuat jajanan sehat untuk anak-anak merupakan salah satu solusi yang dapat orang tua gunakan untuk mengatasi anak yang suka jajan di luar. Kebiasaan jajan sembarangan di luar dapat berpengaruh pada tingkat tumbuh kembang anak. Kadang anak menjadi lebih gampang sakit karena jajan yang tidak terkontrol. Cilok gulung atau Cilung merupakan salah satu jajanan yang sedang populer untuk anak-anak. Anda dapat mempraktekkan cara membuat cilung goreng telur puyuh sendiri di rumah tentunya dengan bahan yang lebih berkualitas dan higienis. 

cara membuat papeda goreng,cara membuat cilung dan bumbunya,papeda dengan tepung kanji,resep papeda maluku,resep cilung tanpa telur,papeda sagu,cara membuat bumbu tabur cilung,papeda papua,
Cilung atau cilok gulung ternyata tidak hanya disukai oleh anak-anak saja. Banyak pecinta kuliner yang mencari jajanan ini saat santai. Cilung sendiri sebenarnya merupakan sejenis cilok yang berbahan tepung dan digoreng lalu digulung. Itulah mengapa makanan ini disebut cilung. Rasa cilok gulung memang nikmat. Terlebih lagi jika Anda menikmatinya dengan tambahan saus tomat atau pun saus cabai yang pedas. 

Terdapat cara membuat cilung yang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. Namun inti pembuatan dan cara penyajiannya tetap sama, yaitu dengan cara digulung. Dengan tambahan telur puyuh di dalamnya, cilung akan merasa lebih nikmat. Anda akan merasakan sensasi telur puyuh ceplok di dalam cilung. Sensasi yang lebih menyenangkan lagi jika Anda memakannya dalam keadaan yang masih hangat. Pastinya sangat nikmat. Berikut cara pembuatan cilung yang sederhana yang bisa Anda praktekkan.

Resep Cilung Telur Puyuh Sederhana
Untuk mempraktekkan cara membuat cilung goreng telur puyuh sederhana, Anda perlu mempersiapkan bahan-banhannya terlebih dahulu. Bahannya mudah didapatkan di warung-warung terdekat. Apa sajakah bahan-bahan tersebut?

  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 8 sendok makan air
  • 4 butir telur puyuh
  • Garam dan minyak goreng secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Tusuk sate secukupnya

Bahan-bahan yang sederhana dan praktis bukan? Kemudian, inilah langkah-langkah dalam pembuatan cilok gulung goreng telur puyuh yang nikmat.

Campurkan tepung sagu yang telah dipersiapkan dengan air dalam sebuah wadah. Aduk-aduk hingga merata. Diamkan beberapa saat.

  • Persiapkan wadah yang berbeda untuk mencampur garam, telur, dan merica bubuk. Kocok sampai tercampur dengan merata.
  • Siapkan Teflon atau wajan yang anti lengket agar aci tidak lengket pada wajan.
  • Tambahkan minyak secukupnya dan panaskan dalam api sedang.
  • Masukkan adonan tepung atau aci dan kemudian lebarkan.
  • Tambahkan kocokan telur di atasnya hingga larut dengan adonan sagu dibawahnya.
  • Gulung menggunakan tusuk sate dan goreng hingga matang.

Cilung goreng telur puyuh pun siap dinikmati. Cilung goreng paling nikmati untuk dimakan dalam kondisi yang hangat bersama saus kesukaan. Itulah cara membuat cilung goreng telur puyuh sederhana namun spesial sebagai kuliner rumah yang disukai keluarga.