Cara Membuat Curriculum Vitae Pelaut Dengan Format Yang Benar

Cara Membuat Curriculum Vitae Pelaut - Bekerja sebagai pelaut merupakan hal yang menantang sekaligus memberikan petualangan baru. Masa depan yang cerah juga dapat dimiliki dengan diperolehnya gaji besar dan jenjang karir yang jelas. Selain itu pelaut profesional dapat bekerja di kapal-kapal dari Indonesia maupun milik negara lain. Kesempatan ini terbuka sangat lebar bagi mereka yang mampu melewati seleksi administrasi dan tahapan perekrutan lainnya. Untuk bisa melewati seleksi tersebut, cara membuat Curriculum Vitae pelaut dengan format yang benar akan sangat diperlukan.

download contoh cv pelaut,contoh cv pelaut perwira,rating,contoh cv pelaut format word,contoh cv pelaut pemula,contoh lamaran kerja pelaut via email,contoh cv pelaut perwira mesin,
Format Curriculum Vitae Pelaut
CV pelaut memiliki perbedaan dengan CV untuk melamar kerja lainnya. Jika kita perhatikan contoh CV pelaut Bahasa Inggris terlihat jelas bahwa format yang dibuat begitu rapi dan terstruktur. Untuk membuat format tersebut, akan lebih baik jika menggunakan program Excel dari pada Word pada Microsoft Office. Buatlah tabel-tabel dengan urutan yang runut dan tidak meloncat-loncat. Jangan lupa juga menyiapkan sebuah tempat untuk memasang foto. Gunakan foto 4x6 berwarna, dengan pakaian yang resmi dan terlihat rapi. 

Format yang dibuat untuk CV pelaut, diawali dengan data diri. Disana harus dicantumkan nama terang, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan dan data-data pribadi lainnya. Memang, cara membuat Curriculum Vitae pelaut untuk perusahaan pelayaran dalam negeri sedikit berbeda dengan luar negeri. Jika beberapa hal pribadi seperti agama dicantumkan untuk perusahaan dalam negeri, maka perusahaan asing menganggap hal tersebut sebagai masalah pribadi yang tidak perlu dicantumkan.

Selanjutnya buatlah kolom untuk mengisi data-data dokumen yang dimiliki. Paspor menjadi salah satu dokumen yang harus dicantumkan. Kolom berikutnya menjadi tempat Anda mengisi data-data dari sertifikat kompetensi yang dimiliki. Dibawahnya buat juga kolom untuk mengisikan sertifikat proficiency atau kecakapan/keahlian yang sudah diperoleh. Sertifikat-sertifikat yang seharusnya dimiliki pelaut diantaranya adalah BST, MEFA, SAT, AFF, SCRB serta SDSD. Kolom terakhir menjadi tempat Anda mengisikan pengalaman berlayar. Kolom ini biasanya tidak ditemui pada contoh CV pelaut pemula yang belum pernah melaut. 

Dalam pengisian format CV, sebaiknya gunakan bahasa Indonesia atau Inggris yang Baku dengan ejaan yang benar. Isi dengan sebaik-baiknya agar tidak ada nomor atau tanggal yang tertukar. Jika pengisian CV dengan tulis tangan, maka gunakan tinta hitam dan huruf balok. Walaupun sebenarnya CV akan lebih baik jika diketik dengan rapi menggunakan komputer. Perhatikan kebersihan dan kerapihan lembar CV, karena hal itu turut mempengaruhi penilaian. 

Setelah cara membuat Curriculum Vitae pelaut dibuat dengan format yang benar dan diisi dengan baik, maka CV tersebut bisa dikirimkan bersama surat lamaran pekerjaan. Jangan lupa juga menyertakan fotocopy dari dokumen-dokumen penunjang. Ingatlah bahwa surat lamaran dan CV menjadi sarana penilaian pertama pihak perusahaan pada calon pekerjanya. Karena itu tulislah dengan sebaik mungkin, sesuai dengan lowongan pekerjaan yang dilamar.