Cara Membuat Tabel di Excel - Salah satu program Microsoft Office yang sering digunakan adalah Microsoft Excel. Untuk mengoperasikan Microsoft Excel, Anda harus memahami rumus dan cara kerjanya. Sehingga Anda bisa menggunakan program ini untuk berbagai kebutuhan misalnya penghitungan, pengolahan data statistik, pembuatan tabel dan lain-lain. Jika belum familiar dengan Excel, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara membuat tabel di Excel dengan rumus Excel. Berikut ini adalah informasi yang mungkin bisa membantu Anda.
Pertama, cara membuat tabel di Excel dengan mudah adalah buka program Microsoft Office Excel. Kemudian cobalah buat tabel sederhana. Misalnya, tabel daftar barang yang dijual oleh toko Anda. Isikan jenis barang, harga, jumlah unit, pendapatan kotor dan pendapatan bersih serta potongan harga atau diskon jika ada. Pada bagian isian pendapatan kotor, silakan klik nama sel. Misalnya tarik huruf dibagian atas ke nomor atau kolom di bagian samping. Misalnya akan ketemu Sel F6.
Langkah cara membuat tabel di Excel dengan rumus selanjutnya adalah untuk mendapatkan nilai di Sel F6 maka ketikan tanda (=) lalu klik sel E6, ketikan tanda (*) kemudian klik Sel D6. Lalu tekan enter pada keyboard Anda. Jika sudah silakan lihat pada tabel tersebut, apakah sel F6 telah terisi dan coba hitung manual untuk mengecek apakah nilainya benar atau tidak. Jangan lupa, dalam mencantumkan harga tidak gunakan tanda titik. Misalnya, Rp 10.000. tulis dengan 10000 saja.
Selanjutnya, mengisi kolom F6 juga bisa dilakukan dengan mengcopy rumus, caranya klik sel F6 kemudian klik copy atau Ctrl+O. Kemudian silakan sorot sel F7 dan F selanjutnya dalam tabel sampai habis. Setelah itu baru tekan enter. Dengan demikian semua kolom dalam F akan terisi secara otomatis. Cara mengisi tabel Excel dengan rumus mudah sekali bukan? Anda dapat mengecek dahulu apakah angka-angka yang dihasilkan sudah benar atau belum. Jika cara Anda benar, tentu hasilnya tak perlu diragukan.
Jika Anda ingin menghitung potongan harga maka terdapat rumus berbeda untuk digunakan. misalnya, potongan harga 5 %. Maka silakan ketik sel pada potongan harga, misalnya sel G6, kemudian ketik tanda sama dengan(=) lalu klik sel F6. Lalu ketik lagi tanda (*) setelah itu ketik 5%. Jika sudah silakan ketik enter. Silakan lihat hasilnya, apakah telah tepat atau belum angka yang tertera pada G. Untuk dapat mengisi semua kolom G, apabila semua potongan harga produk tersebut sama-sama 5 % maka dapat dilakukan dengan mengcopy rumus.
Cara mengcopy rumus adalah klik sel G6, lalu klik copy. Sorot seluruh sel G sampai habis pada tabel. Kemudian silakan tekan enter. Cara membuat tabel di Excel dengan rumus sederhana diatas mudah bukan? Silakan coba beberapa kali untuk soal atau kasus hitungan yang berbeda-beda sehingga Anda dapat belajar. Menghafal rumus tentu tidak bisa sekali mengerjakan langsung mahir. Namun dengan mempraktekkan langsung maka Anda akan lebih mudah dalam mengingat.