Postingan

Langkah Mudah Cara Membuat Pupuk Kandang Dari Kotoran Sapi Sendiri

Jika Anda seorang peternak sapi, tentunya setiap hari akan memproduksi kotoran sapi dalam jumlah yang tidak sedikit. Agar kotoran sapi tidak terbuang sia-sia maka sangat disarankan untuk mengolahnya menjadi pupuk kandang. Cara membuat pupuk kandang dari kotoran sapi ini bisa dilakukan oleh peternak sapi ataupun petani yang membutuhkan pupuk. Membuat pupuk kandang ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama kurang lebih selama 1 bulan. Namun hasil dari pupuk kandang ini cukup menjanjikan.
Cara mengolah kotoran sapi menjadi pupuk kandang bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa bahan kimia untuk menumbuhkan bakteri pada kotoran. Untuk membuat pupuk kandang yang berkualitas bagus, maka kotoran yang digunakan sebaiknya juga yang bercampur dengan air seni sapi. Jika Anda ingin membuat pupuk kandang dari kotoran sapi, maka siapkan bahan-bahan berikut ini:
Kotoran sapi yang bercampur dengan urin sebanyak 80 sampai 83%
Sekam atau serbuk gergaji secukupnya
Abu dapur sebanyak 10%
Kapur untuk pertanian sebanyak 2%
Bahan untuk pemacu mikroorganisme sebanyak 0,25%
Setelah semua bahan diatas siap, Anda sudah bisa melakukan proses pembuatan pupuk kandang. Adapun cara membuat pupuk kandang dari kotoran sapi yaitu:
Langkah pertama adalah mencampurkan semua bahan yang sudah disiapkan tadi. Semua bahan tadi ditempatkan ditempat terbuka terlindung dari sinar matahari dan air hujan. Bahan ini didiamkan selama kurang lebih 1 hari 1 malam.
Selanjutnya setelah didiamkan selama 1 hari maka langkah selanjutnya yaitu menyisir tumpukan tadi dengan menggunakan garu agar tercampur merata.
Kemudian taburkan bahan untuk pemacu mikroorganisme yang sudah disiapkan. Anda bisa memilih stardec sebagai bahan pemicu mikroorganisme.
Setelah itu, biarkan tumpukan itu selama 7 hari. Agar mikroorganisme cepat berkembang, maka tinggi tumpukan minimal harus 80 cm. Setelah 7 hari, maka Anda perlu membalik tumpukan dengan cara menggunakan garu. Pembalikan ini dilakukan agar pasokan oksigen pada organisme bisa merata.
Tahap selanjutnya adalah melakukan pembalikan secara rutin setiap satu minggu sekali. Pada hari ke 8 sampai 21 suhu pada tumpukan akan menaik sampai dengan 3000 derajat celcius. Anda tidak perlu panik, hal ini dikarenakan suhu ini merupakan suhu penyeterika pupuk kandang. Setelah memasuki hari ke 28, maka suhu akan kembali normal.
Langkah terakhir jika suhu sudah kembali netral atau normal maka pupuk kandang sudah siap digunakan. Warna pupuk kandang bagus dan siap digunakan adalah hitam kecokelatan.
Selain dibuat pupuk kandang, kotoran sapi juga bisa dibuat menjadi pupuk cair. Pupuk cair dari kotoran sapi ini banyak digunakan untuk pertanian dan sangat efektif untuk menyuburkan tanah. Cara membuat pupuk kandang dari kotoran sapi ini bisa dilakukan oleh peternak ataupun petani. Dengan mengolah kotoran sapi menjadi pupuk, tentunya tidak akan lagi pencemaran yang disebabkan oleh kotoran sapi.