Panduan Cara Membuat Diagram di Excel Yang Sederhana

Cara Membuat Diagram di Excel - Microsoft Excel merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk membantu mengolah data keuangan dengan menggunakan komputer. Salah satu fitur yang sangat membantu Anda dalam mengolah data menggunakan Excel adalah fitur pembuat diagram otomatis. Cara membuat diagram di Excel sangat mudah. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu menggambar diagram secara manual seperti pada Microsoft Word. Membuat diagram dengan menggunakan Excel ini bisa dilakukan secara otomatis dengan adanya fitur diagram Excel.

cara membuat diagram garis di excel,cara membuat diagram pie di excel,grafik batang di excel,grafik di excel dengan 2 data,grafik di excel dengan banyak data,grafik di word,
Hampir semua jenis diagram bisa Anda buat hanya dengan menggunakan Microsoft Excel. Hal ini tentu saja sangat memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan diagram. Cara membuat diagram di Excel bisa dilakukan jika Anda sudah mempunyai data yang berbentuk Excel. Oleh karena itu, sebelum Anda membuat diagram maka Anda perlu memasukkan data tersebut dalam Microsoft Excel. Setelah data sudah jadi, maka Anda bisa membuat diagram menggunakan menu Insert Microsoft Excel.

Menggunakan Excel Anda tidak hanya bisa membuat diagram garis dan diagram batang saja, Anda juga bisa membuat diagram lingkaran atau pie. Cara membuat diagram pie di Excel juga sangat mudah seperti membuat diagram jenis lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkah cara membuat diagram di Excel yang sederhana:

Pertama Anda harus mengetikkan data yang akan dibuat diagramnya terlebih dahulu pada Excel. Lalu blok data yang akan dibuat diagramnya.

Setelah itu pilih menu Insert, jika Anda menggunakan Microsoft Excel 2007 atau 2010 maka setelah memilih menu Insert akan langsung muncul pilihan lainnya salah satunya yaitu menu diagram dengan semua jenis diagram yang bisa dibuat dengan Microsoft Excel.

Selanjutnya pilih jenis diagram yang ingin dibuat. Misalnya saja Anda akan membuat diagram batang maka pilih Column Chart, jika Anda ingin membuat diagram lingkaran maka Anda pilih Pie Chart. Namun jika Anda ingin membuat variasi diagram sendiri, maka pilih menu diagram lainnya atau other diagram. Secara otomatis akan muncul diagram disemailah data Anda.

Tahap selanjutnya adalah mengedit diagram yang sudah Anda buat. Diagram yang muncul pada kotak dialog adalah diagram standar dari Microsoft Excel. Oleh karena itu, jika diagram belum sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa melakukan modifikasi sendiri sesuai kebutuhan.

Langkah untuk memodifikasi diagram dalam cara membuat diagram batang di Excel ini sangat mudah. Anda bisa menggunakan menu Chart yang muncul secara otomatis setelah diagram selesai dibuat. Gunakan tombol yang ada pada menu Chart untuk mengubah tampilan diagram sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cukup praktis bukan cara membuat diagram di Excel ini? Diagram yang sudah jadi ini bisa Anda simpan ataupun Anda cetak. Untuk menyimpan diagram, Anda bisa menggunakan menu Seve As diagram kemudian pilih lokasi penyimpanan. Sedangkan untuk mencetak diagram Anda bisa menggunakan tombol ctrl + P pada keyboard Anda.